Jumat, 12 Oktober 2012

Profil Negara San Marino





Serenissima Repubblica di San Marino
Bendera
MottoLibertas
(Latin: "Kebebasan")
Lagu kebangsaanInno Nazionale
Ibu kota San Marino
Kota terbesar Serravalle
Bahasa resmi Italia
Pemerintahan Republik
 -  Wali Kapten Gabriele Gatti
Matteo Fiorini
Kemerdekaan
Luas
 -  Total 61.2 km2 (190)
 -  Air (%) dapat dihiraukan
Penduduk
 -  Perkiraan 2006 29.251 (190)
 -  Sensus -
 -  Kepadatan 471/km2 (13)
PDB (KKB) Perkiraan 2005
 -  Total US$0,94 miliar (174)
 -  Per kapita US$34.600 (5)
Mata uang Euro (EUR)
Zona waktu (UTC+1)
 -  Musim panas (DST)  (UTC+2)
Ranah Internet .sm
Kode telepon 378
Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.
San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku.[1]

Menara Montale di Monte Titano.
Menurut tradisi, Santo Marinus meninggalkan pulau Rab di Kroasia bersama teman seumur hidupnya Leo dan pergi ke Rimini sebagai tukang batu. Setelah persekusi karena dia mengajar Kristiani, dia lari ke Monte Titano, di mana dia membangun gereja kecil dan mendirikian kota dan negara San Marino. Tanggal resmi pendirian Republik ini adalah 3 September 301.
Pada pertengah abad ke-5, sebuah komunitas dibentuk, karena lokasinya yang sulit dicapai dan kemiskinannya, negara ini berhasil mempertahankan kemerdekaannya walaupun dengan sedikit gangguan. Pada 1631 kemerdekaannya diakui oleh Negara-negara Kepausan.
Patung dada dari Giuseppe Garibaldi di San Marino, monumen pertama di dunia yang didedikasikan kepada "Pahlawan Dua Dunia". Buatan Stefano Galletti, didirikan pada 1882.
Pada masa Unifikasi Italia di abad ke-19, San Marino berlaku sebagai tempat pengungsian bagi banyak orang yang dipersekusi karena mendukung unifikasi. Atas bantuan ini, Giuseppe Garibaldi menerima permintaan San Marino untuk tidak disatukan ke dalam negara Italia yang baru. Napoleon menolak merebut negara ini. Dan ketika ditanyakan mengapa, dia berkomentar "Mengapa? Negara ini adalah sebuah model republik!"
Pada Perang Dunia I, Italia mengumumkan perang pada Austria-Hungaria pada 23 Mei 1915. San Marino tetap bersikap netral dan Italia mengambil sikap bermusuhan, menduga San Marino melindungi mata-mata Austria yang dapat diberi akses ke stasiun radiotelegrafnya yang baru. Italia mencoba untuk mendirikan detasemen Carabinieri secara paksa dalam wilayahnya dan kemudian menolak hubungan telepon dengan Republik ketika negara ini tidak setuju.
Pada Perang Dunia II San Marino tetap bersikap netral. Namun pada 26 Juni 1944 negara ini dibom oleh RAF, yang percaya bahwa negara ini diperintah oleh pasukan Jerman dan digunakan untuk menumpuk senjata. Enam puluh orang meninggal dalam operasi tersebut. San Marino menampung ribuan pengungsi yang mencari keamanan ketika pasukan Sekutu melalui Gothic Line.
San Marino menjadi anggota Majelis Eropa pada 1988 dan anggota PBB pada 1992. Negara ini bukan anggota Uni Eropa, tetapi mengadopsi mata uang Euro karena sistem keuangannya terintegrasi dengan Italia.

Latar belakang

Republik San Marino merupakan republik tertua di dunia yang masih ada, yang dibentuk pada tahun 301 oleh Santo Marinus (atau San Marino dalam bahasa Italia). Meskipun adalah negara merdeka sendiri tetapi masih tergantung pada Italia yang mengelilinginya.
Giuseppe Garibaldi yang menyatukan Italia pada tahun 1860 pernah menyembunyikan diri dari musuh di San Marino. Di sana beliau mendapatkan bala bantuan dari pemimpin San Marino dan rakyatnya untuk meneruskan perjuangannya. Maka itu Giuseppe Garibaldi berjanji bahwa San Marino akan tetap menjadi negara merdeka sendiri.

Geografi

San Marino adalah sebuah enklaf dalam Italia, berbatasan dengan region Emilia-Romagna dan Marche. Topografinya didominasi oleh Pegunungan Apennine. Titik tertinggi di negara ini adalah Gunung Titano, terletak pada ketinggian 749 m di atas permukaan laut. San Marino adalah negara terkecil ke-3 di Eropa setelah Kota Vatikan dan Monako. San Marino tidak memiliki tanah yang datar, 100% negara ini terletak di atas pegunungan.

Demografi

Negara ini berpenduduk kurang lebih 30,000 orang, termasuk 1,000 orang asing, yang sebagian besarnya adalah orang Italia. Kurang lebih 5,000 penduduknya tinggal di luar negeri, sebagian besar tinggal di Italia. Bahasa yang digunakan di negara ini adalah bahasa Italia. Menurut CIA World Factbook, rata-rata jangka hidup laki-laki mencapai 78.52 tahun sedangkan perempuan mencapai 85.72 tahun.

Transportasi

San Marino tidak memiliki bandara sendiri, tetapi memiliki sebuah landasan helikopter yang terletak di Borgo Maggiore. Bandara yang terdekat berada di kota Rimini, Italia, yaitu bandara internasional Federico Fellini.

Ekonomi

Walaupun San Marino bukan merupakan anggota Uni Eropa namun euro menjadi mata uang resmi negara ini. Industri utama di negara ini bergerak dalam bidang perbankan, elektronik dan keramik. Produksi agrikultur utama dalam yaitu anggur dan keju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar